(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Hallo sahabat showcasemu, kali ini saya akan membagian sebuah Resep Butter Cake  yang sangat layak anda coba. bukan hanya mudah saja dalam membuatnya tapi enak rasanya atau kata orang inggris (Delicious).

sedikit informasi, sebelum saya membagikan resep butter cake mungkin ada juga yang masih belum tau apa itu  Butter cake, Butter cake (Kue mentega) adalah kue yang bahan utamanya adalah mentega ,Butter cake (kue mentega) berasal dari  Inggris, yang secara tradisional menggunakan mentega.

Sedangkan di Amerika Serikat kue ini dianggap sebagai salah satu kue klasik yang masih populer hingga sekarang kue tradisional yang memiliki tesktur padat ini sering disajikan di berbagai macam acara formal seperti acara ulang tahun, pesta pernikahan dan acara formal lainnya. Butter cake juga cocok untuk sahabat karena lezat untuk teman teh dan dinikmati bersama keluarga di sore hari.

baiklah langsung saja saya bagikan resep butter cake.

Resep Butter Cake Yang Mudah ,Enak & Lembut

resep butter cake

Bahan – Bahan Resep Butter Cake

  • Garam 1 sendok
  • Susu full cream 300 ml
  • Gula 337,5 gr
  • Telur yang didiamkan di suhu ruang 3 butir
  • Tepung terigu serba guna 337,5 gr
  • Vanili 1 sendok
  • Mentega tawar yang didiamkan disuhu ruangan hingga teksturnya melunak 200 gr
  • Emulsifer 1/2 sendok (TBM, SP, atau Ovalet)

Alat – Alat yang Dibutuhkan

  • 1 Mangkuk besar/ sesuai kebutuhan
  • Spatula / sendok besar
  • Sebuah loyang tulban (bundt pan) ,2 loyang kue berdiameter 23 cm,1 loyang kue berukuran 33×23 cm ( sesuai selera)
  •  Mikser duduk/mikser tangan
  •  Kertas khusus untuk melapisi loyang) minyak, atau mentega (Parchment paper)
  •  Oven

Tutorial Resep Butter Cake

  1. Siapkan bahan yang tertera pada resep, sahabat juga  membutuhkan beberapa perlengkapan /alat yang sudah tertera di atas.
  2.  Siapkan loyang  yang akan Anda gunakan. Setting oven di suhu 175°C  Sambil  menunggu oven panas olesi loyang dengan minyak dan mentega , Selain mengolesinya dengan minyak atau mentega, Anda juga bisa melapisi loyang dengan parchment paper.(sahabat juga bisa menyemprotnya dengan cooking spray ). lalu, taburi semua permukaan loyang tadi dengan sedikit tepung terigu.
  3. Aduk mentega 200gr dan gula 337,5gr Masukkan mentega dan gula ke dalam sebuah mangkuk berukuran besar, lalu aduk kedua bahan tersebut dengan  mikser tangan/mikser duduk dengan kecepatan rendah selama 6 sampai 11 menit.
  • Setelah gula dan mentega tercampur rata, tingkatkan  kecepatan mikser ke level medium, lalu aduk adonan dengan kecepatan level tinggi selama 1 sampai 2 menit terakhir.
  • Mencampurkan  mentega dan gula yang sudah diaduk tadi ke dalam adonan kue mampu  menghasilkan tekstur kue yang berongga, ringan, dan empuk. Tujuan dalam proses ini gunanya untuk memasukkan udara sebanyaknya  ke dalam adonan kue.

4. Masukkan 3 butir telur. kocoklah telur dalam wadah terpisah  sebelum di campurkan bersama adonan kue (proses  ini bertujuan untuk mencegah telur menggumpal di dalam adonan).pada saat memasukkan kocokan telur kedalam adonan tetap nyalakan mikser pada kecepatan rendah.

  • Pastikan telur sahabat bersuhu ruang ,kenapa? apabila kita menggunakan telur yang hangat maka akan menggurangi volume akhir kue.
  • Apabila warnanya adonan berubah kekuningan, dan teksturnya tidak menggumpal. maka proses telur dan adonan sudah tercampur rata.

5. Masukkan tepung terigu 337,5 gr, Emulsifer 1/2 sendok (SP, TBM, atau Ovalet),dan Garam 1 sendok ke dalam mangkuk. dalam proses ini, aduk kembali menggunakan mikser hingga seluruh adonan tercampur merata . disini sahabat harus hati hati apabila memproses terlalu lama maka tekstur kue akan menjadi keras.

6. Tuangkan Susu full cream 300 ml dan vanili 1 sendok ke dalam adonan. Proses kembali adonan dengan kecepatan level low selama 30 detik. Jika ada bahan yang belum tercampur di dasar atau sisi mangkuk, gunakanlah sendok untuk membantu mencampurkan ke dalam adonan.

  • tingkatkan kecepepatan mikser ke level tinggi dan teruslah memproses adonan selama 1 sampai 2 menit.

7. Tuangkan adonan ke loyang kue. Jika sahabat membuat lebih dari satu loyang kue, bagi adonan ke loyang-loyang yang sahabat gunakan secara merata .gunakanlah  sendok untuk mengambil sisa-sisa adonan yang melekat di dalam mangkuk.

8.Masukkan loyang kue yang sudah diisi adonan kedalam oven yang sudah di setting  di suhu 175°C,  Panggang kue selama 25 sampai 30 menit. ada berbagai macam metode yang bisa sahabat gunakan untuk mengetes kematangan kue yaitu :

  • Perhatikan sisi pinggir kue. Jika pinggiran kue sudah mulai terlepas dari pinggiran loyang, tandanya kue sudah matang.
  • Tusuk bagian tengah kue dengan tusuk gigi/lidi . jika tidak ada adonan kue yang menempel di tusuk gigi tandanya kue sudah matang.
  • Tekan perlahan permukaan kue mengguanakan jari. Jika permukaan kue terasa seperti memantul ketika ditekan, tandanya kue sudah matang.

9. Diamkan kue di suhu ruang. simpan loyang berisi kue di rak kawat dan diamkan selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu, ambil rak kawat dan pindahkan ke permukaan loyang. Dengan sangat berhati-hati ya sahabat , balikkan loyang dan pindahkan keik ke rak kawat.

  • Diamkan kue di suhu ruang sebelum menambahkan frosting atau menyimpannya. mungkin sahabat showcasemu ada yang belum tau apa itu frosting, frosting adalah hiasan yang memperinidah suatu makanan dengan berbagai macam corak.

10. Tambahkan frosting. Jika kue akan segera disantap dan disajikan, beri  isian, frosting, atau sesuai dengan selera sahabat , kue pun siap dinikmati bersama keluarga maupun teman atau pacar. .

Apabila kue ingin disimpan maka saya juga akan membagikan tips penyimpanan resep butter cake agar tahan lama ,tapi sebelum itu saya akan membagikan cara membuat frosting unik untuk resep butter cake yang tentu saja sangat cocok sahabat coba.

Frosting Resep Butter Cake

    1.Frosting Resep Butter Cake Krim Keju

resep butter cake                                                                                       

Bahan – Bahan yang Dibutuhkan :
  • – krim keju 90gr
  • – mentega yang  dihaluskan dalam mangkuk 90gr
  • – gula halus 160gr
Tutorial Frosting Resep Butter Cake Krim Keju
  1. Campur  krim keju 90gr dengan mentega 90gr yang sudah dihaluskan ke dalam mangkuk. gunakan mixer agar hasil adukan merata dengan sempurna.
  2. Aduk sampai berubah warna menjadi putih.
  3. Masukkan gula halus 160gr secara bertahap sambil aduk perlahan.
  4. Oleskan Frosting keju pada Butter cake, dan siap digunakan sesuai selera sahabat.

     2. Frosting Resep Butter Cake Coklat

resep butter cake

Bahan – Bahan yang Dibutuhkan :
  • Cokelat batangan yang dipotong  / coklat bubuk 80gr.
  • Krim asam dalam mangkuk kaca yang tahan panas 60gr.
Tutorial Membuat Frosting Butter Cake coklat :
  • Taruh  coklat batang  80gr yang diiris kasar atau satu sendok cokelat bubuk dan krim asam 60gr dalam mangkuk kaca yang tahan panas.
  • panaskan air dalam panci.
  • jika sudah panas taruh panci boiler diatas panci yang berisi air panas.
  • aduk perlahan hingga merata.
  • Oleskan Frosting coklat pada Butter cake, dan siap digunakan sesuai selera sahabat.

    3. Frosting Resep Butter Cake Mentega

resep butter cake

Bahan – Bahan yang Dibutuhkan :
  • Mentega 90gr.
  • Gula 160gr.
  • Susu 1 sendok / Air 1 sendok.
Tutorial Membuat Frosting Resep Butter Cake Mentega :
  1. masukkan mentega dalam wadah mixer dengan  mengaduknya sacara merata hingga halus dan sedikit mengembang.
  2. campurkan gula 160gr  dan susu 1 sendok secara perlahan dan merata.
  3. Oleskan Frosting mentega pada Butter cake, dan siap digunakan sesuai selera sahabat.

4. Frosting Resep Butter Cake Gula Halus

resep butter cake

 Bahan – Bahan yang Dibutuhkan :
  • Gula halus 1 cup.
  • susu / air / air jeruk 1 sampai 3 sendok.
  • perasa makanan sesuai selera (ekstrak lemon, almon, jeruk dan lain-lain).
  • pewarna makanan sesuai selera ( merah,hijau,kuning,biru dan lain-lain).
Tutorial Membuat Frosting Resep Butter Cake Gula Halus :
  1. masukkan gula halus 1 cup  ke dalam mangkuk sedang atau kecil.
  2. campurkan susu / air / air jeruk 1 sampai 3 sendok, sahabat juga dapat menggunakan  krim yang kental,semakin bayak cairan yang sahabat gunakan maka hasil dari Frosting akan semakin tipis, jadi sahabat disini harus hati-hati pada saat mencampurkan susu / air / air jeruk jangan terlalu banyak gunakanlah takaran seperti diatas.
  3. bantu aduk dengan menggunakan sendok.
  4. rasakan kekentalan pada adonan pastikan tidak kental dan tidak encer.
  5. simpan didalam kulkas / lemari es selama 45 sampai 60 menit.
  6. tambahkan perasa sesuai selera ( jeruk, ekstrak lemon,almon, dan lain-lain).
  7. biarkan Butter cake dingin secara merata sebelum di beri Frosting gula halus.
  8. Oleskan Frosting gula halus pada Butter cake, dan siap digunakan sesuai selera sahaba.t

setelah saya membagikan resep butter cake seperti yang saya bilang tadi, saya juga akan membagikan Tips penyimpanan untuk resep Butter cake agar tahan lama dan tentu saja tetap lembut & enak untuk dimakan.

Tips Penyimpanan untuk Resep Butter Cake

Siapa sih yang disini apabila makannya yang tidak habis akan dibuang / harus segera dihabiskan karena takut besok hari keras atau kasar ? tentu saja pasti semua orang masih ingin menyimpan makanannya yang tidak habis tersebut.

Tapi sahabat showcase pasti ragu , apakah makanan tersebut masih enak dimakan setelah didiamkan sampai esok hari? jawabannya adalah tentu saja masih enak jika cara menyimpan makanan tersebut benar. baiklah langsung saja saya akan membagikan Tips menyimpan butter cake, 

ada 2 cara dalam  menyimpan Butter cake agar tahan lama yaitu :

1. Menyimpan Butter cake yang baru matang
  1. Setelah Butter cake  matang, hindari dari  cahaya apapun (cahaya matahari maupun cahaya lampu), panas, dan tempat yang (very moist) sangat lembab. Bawalah butter cake ke area kering, sejuk dan jauh dari sinar apapun.
  2. Letakkan dalam wadah dan ditata dengan rapi. Kemudian gunakanlah  plastik wrap untuk membungkus wadah tersebut. lalu Simpan  di suhu ruang / jika tidak ada gunakan  wadah yang kedap udara  sebelum difrosting atau dimakan, biasanya Butter cake hanya tahanan hingga 2 hari. dan perlu diingat kembali simpan di tempat sejuk dan jauh dari cahaya apapun
  3. anda juga bisa menyimpan menggunakan  freezer, tentu saja Butter cake masih harus diletakan pada wadah yang kedap udara / menggunakan plastik wrap untuk membungkus wadah yang tidak kedap udara. biasanya akan bertahan hingga 4 sampai 5 hari, yang penting yang harus sahabat perhatikan selalu menutup rapat wadah Butter cake.
2. Menyimpan Butter cake yang sudah difrosting
  1. Apabila ternyata Butter cake sudah terlanjur difrosting, maka masih boleh disimpan setelah 1 jam difrosting.
  2. seperti diatas, Letakkan dalam wadah dan ditata dengan rapi. Kemudian gunakanlah plastik wrap untuk membungkus wadah tersebut. lalu Simpan  di suhu ruang / jika tidak ada gunakan wadah yang kedap udara, biasanya Butter cake hanya tahanan hingga 2 hari. dan perlu diingat kembali simpan di tempat sejuk dan jauh dari cahaya apapun.
  3. seperti diatas kembali ,anda juga bisa menyimpan menggunakan  freezer. tentu saja Butter cake masih harus diletakan pada wadah yang kedap udara / menggunakan plastik wrap untuk membungkus wadah yang tidak kedap udara. biasanya akan bertahan hingga 4 sampai 5 hari. yang penting yang harus sahabat perhatikan selalu menutup rapat wadah Butter cake.

dalam membuat Butter cake ternyata bahan yang kita gunakan memiliki fungsi tersendiri  ternyata , simak pembahasannya berikut ini.

Fungsi Bahan-Bahan Dalam Resep Butter cake

1. Telur

telur memiliki  fungsi mulai dari memberi nilai gizi, memberi warna,bersifat melembabkan, dan fungsi utama adalah membentuk struktur pada Butter cake.

2. Gula

gula fungsinya sebagai pemberi rasa manis  ,memberi warna pada kulit butter cake, membuat tekstur menjadi empuk, melembapkan, dan membuat adonan menjadi lemas. jenis gula yang digunakan ada banyak macamnya. baik itu gula pasir, gula halus, gula merah, ataupun gula palem. tetapi untuk butter cake, sebaiknya menggunakan  gula yang halus.

3. Tepung Terigu

sebenarnya bukan hanya tepung terigu yang dapat digunakan untuk membuat butter cake , tepung beras, tepung ketan, hingga tepung singkong pun bisa saja menjadi bahan butter cake. Tapi umumnya butter cake sibuat dari tepung terigu. Tepung yang dipakai yaitu tepung yang memiliki  protein berkadar 7 sampai 8,5 persen. Fungsi tepung juga untuk membentuk struktur butter cake, mengikat bahan lainnya, dan membuat tekstur menjadi baik.

4. Emulsifer ( TBM, SP, atau Ovalet)

Di kebanyakan toko, emulsifier sering disebut juga dengan TBM, SP, atau Ovalet. fungsi dari emulsifier bukan hanya mengembangkan butter cake tapi juga mengemulsi (zat untuk membantu menjaga kestabilan emulsi minyak dan air) bahan supaya mengembang dengan sempurna dan tercampur dengan baik.

Keuntungan menggunakan  emulsifier (bahan telur bisa dikurangi), adonan stabil walaupun dibiarkan lama saat ingin dimasukkan ke oven dan proses pengocokan dapat dialakukan dengan (cepat mengembang). Penggunaan emulsifier bisa  membuat lebih halus. Kerugiannya, butter cake  kurang enak dimakan, terutama jika menggunakan emulsifier terlalu banyak.

5. Susu Full Cream

fungsi dari susu Tidak Cuma kandungan gizinya saja, susu juga  memiliki fungsi  untuk memperbaiki warna & kulit butter cake, sehingga lebih gelap & mengkilap. Kandungan kalsiumnya yang tinggi bisa menguatkan gluten dalam adonan.

6. Vanili

ada 2 jenis vanilli yaitu :

1. Vanili yang dibuat dengan alami yaitu dikeringkan lalu dipadatkan menyerupai buah cherry.

Biasanya vanila yang dibuat dengan alami mempunyai aroma harum yang sangat kuat (very strong) dan memberi cita rasa lebih enak ketika sudah matang.

2. Vanili  Sintetis yang dibuat menggunakan campuran bahan kimia berbentuk bubuk Vanili.

kelebihannya menggunakan vanili yang dibuat secara sintetis / menggunakan bahan kimia akan lebih mudah menggunakannya karena selama membuat adonan kita bisa menakar sendiri seberapa banyak yang harus dituang keadonan. Vanili sintesis memiliki struktur ringan karena bentuknya cair. sedangkan kekurangannya mempunyai aroma yang khas buah vanili, tapi tidak memberikan cita rasa apapun pada batter cake agar berasa lebih gurih.

7. Garam

  • Garam memiliki fungsi memberi rasa gurih pada batter cake,juga
  • menciptakan cita rasa dan aroma bahan – bahan lainnya.
  • mengontrol aktivitas ragi pada proses fermentasi.
  • Membuat daya simpan roti.
  • Manfaat lain dari garam  yaitu dapat memperkecil pori-pori adonan, sebab garam juga memiliki sifat astringen(zat pengecil pori-pori).

Pemakaian garam yang berlebih yang berlebih dapat menyebabkan volume menjadi kecil. memakai garam pada adonan dalam keadaan normal berkisar 1,5% – 2%. pemakaian garam lebih rendah dari 1,5% membuat rasa menjadi hambar, dan penambahan garam lebih 2% akan melambatkan proses fermentasi.

Demikianlah resep Butter cake dari saya untuk sahabat coba, Cara pembuatan yang mudah dengan bahan-bahan pilihan yang mudah dicari dan digunakan untuk membuat batter cake  bercita rasa ala rumahan. Resep butter cake ini tidak jauh berbeda dengan resep cheese cake kok.