0822-2330-3737

Banyak sekali Cara Membuat Kue Kacang kalian tinggal memilih mau di kukus atau di oven, nah sebelum itu kita membahas Kue Kacang yang satu ini yuk. Selain rasanya yg manis dan gurih Kue Kacang banyak sekali di minati oleh orang-orang.

Apakah Kalian Tau Manfaat Dari Kacang Tanah?

Kue yang satu ini paling sering di jumpai saat lebaran Hari Raya Idul Fitri, Kue Kacang ini memiliki tekstur yang lembut ada juga yang kering. Karena banyak yg memasaknya dengan cara dan selera masing-masing oleh karena itu Kue Kacang yang sederhana ini masih memiliki peminat nya.

Seiring berkembang nya zaman Kue Kacang ini memiliki beragam toping mulai dari, Coklat,Keju dan banyak yang lainnya, banyak nya varian rasa ini membuat para Kue hunter ini semakin banyak dan ramai.

Selain itu ternyata Kacang Tanah mengandung banyak sekali manfaat di antaranya :

  • Kandungan Kacang tanah seperti  asam folat,vitamin E, protein, mangan, serat, biotin, magnesium dan lemak tak jenuh tunggal lalu kaya akan antioksidan. Kandungan nutrisi ini berperan penting mengurangi risiko penyakit jantung.Penelitian juga telah ditemukan bahwasannya resiko sakit jantung pada orang yang biasanya mengonsumsi 140 gram kacang-kacangan atau lebih per-mingguannya bisa menurun sebanyak sekitaran 35%.
  • Sangat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kandungan kolesterol jahat pada tubuh kalian.
  • Ada pula seperti manfaat-manfaat kacang tanah dapat mencegah mengeraskan arteri serta membantu melebarkan pembuluh darah.

Namun sunggung di sayangkan sekali karena selama ini kacang sering dihindari, terutama oleh orang-orang yang sedang menjalani diet. Kacang juga sering dituduh menjadi penyebab muka berjerawat dan penyakit lain. Padahal ada beberapa studi menunjukkan berbagai manfaat dari kacang tanah tersebut baik bagi kesehatan.

Sebenarnya Kacang tanah atau yang biasa disebut groundnut sebenarnya bisa termasuk kedalam kelompok legume dan tidak sama dengan kacang-kacangan lain yang berasal dari pohon atau tree nuts, seperti  almond, kacang mete dan kenari. Namun, karena hal itu juga kacang tanah memiliki nutrisi yang hampir sama, ke semuanya biasa dikenali sebagai kacang-kacangan.

Diet Sehat dengan Mengonsumsi Kacang Tanah.

Secara khusus, manfaat dari kacang tanah sangatlah baik untuk mereka yang baru menjalani diet.Beberapa peneliti menemukan bahwa kacang tanah dapat membantu menurunkan berat badan.

Orang yang baru diet juga akan cepat berasa kenyang setelah mengonsumsi kacang ini, karena selain bernutrisi, kacang mengandung lemak sehat dan serat yang sangat baik. Rasa kenyang tersebut memungkinkan orang untuk tidak lagi mengonsumsi makanan lebih banyak.

Berikut ada beberapa tips untuk memanfaatkan kacang-kacangan sebagai makanan ringan yang sangat sehat:

  • Kandungan kacang tanah itu kurang lebih sekitar 160-200 kalori setiap duapuluh delapan gram, walaupun jenis kalori ini hampir semuanya berasal dari kandungan lemak yang tak jenuh atau lemak baik. Ini adalah jumlah yang sangat disarankan setiap hari. Angka ini kurang lebih itu setara dengan satu genggaman tangan orang dewasa.
  • Agar bisa menghindari mengkonsumsi kacang tanah yang berlebih , makan kacang secukupnya atau menggunakan mangkuk kecil dan habiskan perlahan-lahan, sehingga kalian bisa lebih mengontrol berapa banyak kacang yang telah dihabiskan.
  • Menyimpan kacang kedalam wadah-wadah plastik kecil atau toples kecil sebagai camilan untuk dibawa nongkrong atau ke kantor nanti. Dalam sehari, jangan mengonsumsi berlebih dari wadah yang telah disiapkan.
  • Selain kacang dalam bentuk asli, kalian dapat mengonsumsinya dalam bentuk selai. Oleskanlah selai kacang itu dengan makanan sehat lain, seperti apel atau roti gandum.

Adapun hal yang tidak kalah penting juga untuk kalian semua ketahui adalah hindari memberikan kacang tanah pada anak berusia di bawah lima tahun atau balita, karena dapat membuatnya tersedak. Jika masih ingin memberikannya, sebaiknya kacang tanah ini ditumbuk halus terlebih dahulu hingga halus.

Umumnya manfaat kacang tanah sangat banyak dan baik, termasuk bagi yang sedang menjalani program diet. Kacang tanah juga bisa dikonsumsi sebagai pengganti makanan ringan namun dengan jumlah yang terbatas, yaitu cukup sebanyak 28 gram setiap hari dalam seminggu.

Efek Samping Mengonsumsi Kacang Tanah.

Namun kalian harus berhati-hati kacang tanah juga dapat memicu alergi pada sebagian orang karena ada kandungan protein yang disebut arachin dan conarachin. Ada beberapa orang yang memiliki riwayat alergi conarachin dan protein arachin juga bisa mengalami reaksi-reaksi berikut saat mengonsumsi kacang tanah: kulit gatal-gatal muncul bintik-bintik di kulit tenggorokan atau sekitar mulut mengalami kesemutan lalu hidung mampet atau pilek mual. Mereka yang memiliki alergi terhadap protein tersebut bahkan bisa mengalami anafilaksis atau reaksi alergi yang mengancam jiwa.

Sejarah Kue Di Indonesia.

Sejarah kue di Indonesia dimulai sejak negeri ini menjadi jalur lalu lintas utama perdagangan dunia ratusan tahun lalu. Mulai banyak nya para pendatang di tanah Indonesia sejak dahulu tak hanya menghadirkan ragam keelokan pada tradisi dan budaya bangsa ini, tapi juga dalam hal kulinernya. Perdagangan gula, yang mana mudah sekali pada waktu itu diduga menjadi awal mula bagaimana kue dari berbagai belahan dunia kemudian masuk ke Indonesia.

Kue-kue yang sampai saat ini hadir di Indonesia sejatinya banyak mendapat pengaruh dari luar Negeri. Kue tradisional itu contohnya, konon dapat memberikan banyak pengaruh dari kebudayaan Tionghoa. Ini bisa kita lihat dari bahan pembuatnya yang kebanyakan menggunakan tepung beras. Bahkan, kata kue itu sendiri berasal dari kata serapan bahasa Hokkien 粿 (dibaca: koé).

Sementara itu untuk beberapa kue yang berbahan dasar dari tepung terigu, diawali oleh cara memasak gaya Eropa. Gandum yang sebagai salah satu bahan utama pembuat tepung terigu bukanlah tanaman yang dapat tumbuh di Indonesia, begitupun dengan kebiasaan mengolah dan memasaknya yang memang bukan asli Indonesia.

Ragam Macam Kue Di Indoneisa

Sejarah perkuean di Indonesia yang dimulai berabad lalu meninggalkan pengaruh yang sangat besar dalam keragaman kue yang hadir di Indonesia pada abad ini. Kue di Indonesia secara umum biasanya berjenis kudapan atau makanan ringan yang biasanya memiliki cita rasa yang manis atau kadang gurih. Untuk mengenai macam-macamnya sangat bervariasi sekali, dimulai dari yang tradisional sampai yang trendi kekinian.

Kue tradisional Indonesia biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti tepung beras, tepung ketan, sagu, atau umbi-umbian. Kue tradisional Indonesia juga memiliki ciri khasnya tersendiri pada tiap daerah, dan juga banyak yang memiliki makna filosofis.

Nah tidak perlu berlama-lama lagi berikut kami akan memberikan kalian beberapa resep Cara Membuat Kue Kacang di bawah ini. Sebelum itu agar agar perut tidak eneg makan Kue Kacang mari kita simak Cara Membuat Puding.

Cara Membuat Kue Kacang Jadul

Cara Membuat Kue Kacang

Bahan :

  • 224 gr tepung terigu.
  • 60 gr gula halus.
  • 150 ml minyak goreng.
  • 150 gr kacang tanah kupas, sangrai/oven.
  • 25 gr susu bubuk.

Taburan: Wijen
Olesan: Kuning telur + 1/2 sdt susu kental manis.

Cara Membuat Kue Kacang Jadul

  1. Hancurkan kacang tanah menjadi bubuk halus.
  2. Campurkan semua bahan ini kacang, tepung terigu, susu bubuk dan gula halus yang sudah diayak hingga rata.
  3. Masukkan minyak goreng sedikit demi sedikit dengan teratur, aduk hingga benar-benar rata.
  4. Gilas adonan sampai penyet lalu cetak menggunakan cookies cutter.
  5. Tata dalam loyang, oles dengan bahan olesan, taburi perlahan dengan wijen.
  6. Oven dengan suhu panas 150 selama 15-20 menit.
 

Cara Membuat Kue Kacang Tanah

Cara Membuat Kue Kacang

Bahan :

  • 400 gr terigu protein sedang.
  • 150 gr gula halus.
  • 250 gr minyak goreng.
  • 150 gr gula halus.
  • 1 sdt garam.
  • 300 gr kacang tanah tanpa kulit lalu sangrai dan haluskan.

Olesan :

  • 2 kuning telur
  • 2 sdm susu cair

Toping: Kacang tanah

Cara Membuat Kue Kacang Tanah :

  1. Campur terigu, garam, gula halus, kacang tanah halus, vanilla powder, Aduk hingga benar-benar merata.
  2. Masukkan minyak goreng. Diaduk dengan sendok kayu sampai merata dan menyatu dengan bahan kering dan bahan basahnya.
  3. Tutup wadah dengan plasik wrap dengan rapat atau serbet bersih. Simpan dalam kulkas/chiller kurang lebih selama 30 menit sampai 1 jam agar adonan lebih mudah dibentuk
  4. Cetak pakai cetakan lalu tata di loyang olesi dengan bhan olesan dan beri topping kacang.
  5. Panggang dengan suhu panas 140-150 derajat Celcius, sampai matang kurang lebih 25 menitan. Keluarkan dari oven, biarkan sebentar saja tetap dalam loyang. Lepaskan dari loyang dengan perlahan-lahan lalu dinginkan.
  6. Simpanlah kedalam wadah tertutup yang kedap udara agar tetap renyah.

Cara Membuat Kue Kacang Favorit

Cara Membuat Kue Kacang

Bahan :

  • 150 gr kacang tanah kupas
  • 80 gr gula halus
  • 200 gr tepung terigu protein rendah
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdm vanili
  • 150 gr minyak goreng

Olesan :

  • 1 butir kuning telur
  • Minyak goreng 1 sdm
  • 1 sdt kental manis putih

Cara Membuat Kue Kacang favorit :

  1. Sangrai kacang tanah setelah itu haluskan boleh pake food processor/blender kering.
  2. Siapkan wadah masukan tepung terigu, kacang, gula halus, garam, vanilinya.
  3. Tuang minyaknya goreng sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dibentuk, jangan langsung tuang sekaligus jika minyak masih sisa adonan sudah bisa dibentuk di-stop saja.
  4. Masukkan adonan ke dalam kulkas kurang lebih 1 jam lalu adonan ditutup plastik clingwrap. Jika sudah satu jam diamkan sebentar sekitar 10 menit lalu adonan siap dibentuk.
  5. Cetak adonannya sesuai selera.
  6. Panaskan oven lalu siapkan loyang yang sudah dialasi baking paper lalu tata kue di atas loyang.
  7. Panggang kurang lebih selama 10 menit atau tergantung oven masing masing.
  8. Keluarkan kuenya biarkan dingin dahulu lalu olesi dengan bahan olesan.
  9. Panggang lagi kurang lebih selama 5 menit di oven.
  10. Angkat kue dan siap disajikan.

Cara Membuat Kue Kacang Bulan Sabit

Cara Membuat Kue Kacang

Bahan :

  • 1 sendok teh margarin
  • 125 selai kacang
  • 100 gr gula halus
  • 1 sendok makan susu bubuk
  • 250 gr tepung terigu
  • 1 sendok teh margarin
  • 1/2 sendok teh garam

Topping :

  • 2 kuning telur
  • Kacang tumbuk secukupnya

Cara Membuat Kue Kacang Bulan Sabit :

  1. Campur selai kacang, gula halus, minyak goreng, margarin, susu bubuk lalu garam.
  2. Masukkan tepung terigu sedikit-sedikit hingga adonan bisa dibentuk.
  3. Gilas beberapa adonan dan cetak.
  4. Setelah dicetak semuanya ulasi dengan kuning telur setelah itu taburi kacang.
  5. Oven hingga matang.
  6. Dinginkan kue dan simpan di wadah kedap udara.

Cara Membuat Kue Kacang Bunga

Bahan :

  • 100 gr kacang tanah.
  • Minyak goreng 100 ml
  • 100 gula halus.
  • 200 gr tepung terigu.
  • 1/4 sdt garam.
  • 1 sdt vanili bubuk.
  • 1 butir kuning telur untuk olesan.

Cara Membuat Kue Kacang Bunga :

  1. Sangrai kacang tanah, hilangkan kulitnya.
  2. Blenderlah kacang tanah, minyak goreng dan garam sampai halus.
  3. Campurkan tepung terigu, gula halus, vanilli bubuk, lalu kacang yang sudah diblender. Aduk dengan spatula sampai rata, dan adonan bisa dicetak.
  4. Ambil sebagian adonan, lalu gilas adonan setebal 1/2 cm setelah itu cetak sesuai selera. Letakkan hasil cetakannya di atas loyang, setelah itu olesi atasnya dengan kuning telur.
  5. Panggang sampai matang di oven yang sudah dipanasi sebelumnya selama kurang lebih 25 menit dengan api sedang.
  6. Angkat, dinginkan, lalu simpan dalam toples.

Cara Membuat Kue Kacang Bak Donat

Bahan :

  • 400 gr terigu.
  • 250 gr kacang tanah kupas yang sudah di sangrai matang.
  • 200 gr minyak goreng.
  • 150 gr gula halus.
  • 1 sdt garam.
  • 1/4 sdt vanili bubuk.
  • 2 sdm susu bubuk full cream.

Bahan Olesan :

  • 2 kuning telur

Bahan Isi :

  • Selai coklat secukupnya

Cara Membuat Kue Kacang Bak Donat :

  1. Blender kacang tanah hingga halus.
  2. Campur terigu, gula halus, susu, garam, vanili, kacang tanah yang diblender lalu yang terakhir masukkan minyak goreng perlahan sedikit demi sedikit ya, aduk dengan spatula sampai tercampur rata dan adonan jadi lembap.
  3. Jika sekira sudah cukup lembap dan bisa angkat dan minyaknya masih ada, tidak usah dihabiskan.
  4. Tutup adonan dan simpanlah kedalam kulkas selama kurang lebih 1 jam.
  5. Setelah 1 jam di kulkas, diamkan sebentar dalam suhu ruang, bentuklah bulat-bulat sesuai selera, tekan tengahnya menggunakan jari dan beri selai cokelat.
  6. Setelah itu tata kue kacang di loyang yang telah di olesi margarin, poles bagian atas kue dengan bahan olesan.
  7. Oven dalam suhu panas 170 derajat Celcius selama 25 menit sampai matang atau sesuaikan dengan oven kalian masing-masing.

Cara Membuat Kue Kacang Skippy

Bahan :

  • 120 gr gula halus.
  • 125 gr selai kacang halus.
  • 100 ml minyak goreng.
  • 270 gr tepung terigu.
  • 1 sdm susu bubuk full cream.
  • 1/2 sdt garam.
  • 1 sdt mentega.

Bahan olesan :

  • 2 kuning telur lalu kocok lepas dengan 1/2 sdt susu cair.

Cara membuat Kue Kacang Skippy :

  1. Dalam wadah, aduk rata gula halus, selai kacang, susu, minyak goreng, dan mentega hingga rata.
  2. Masukkan tepung terigu dengan cara bertahap sambil diaduk sehingga rata.
  3. Bentuklah adonan sesuai dengan selera tata dalam loyang, poles bagian atasnya dengan bahan olesan.
  4. Panggang dalam oven bersuhu 140 derajat Celsius hingga matang, angkat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

× Whatsapp Kami!