0822-2330-3737

Roti Maryam ini kalau di India biasa di sebut Roti Canai kalau di Myanmar di sebut Roti Palata setelah itu kalau di Malaysia dan Singapura di sebut Roti Prata. Gimanasih Cara Membuat Roti Maryam? Gampang gak sih buatnya? yuk, kita kulik bersama gimana Cara Membuat Roti Maryam ini.

Sejarah Roti Maryam

Roti Maryam ini merupakan makanan yang masih “katanya” berasal dari Arab dan masih dipertanyakan kebenarannya. Karena roti tersebut bukan hanya di produksi di negara Arab saja, negara-negara lain dari benua Asia lainnya juga memproduksinya.

Kita lupakan sejenak dari mana asal usul Roti Maryam yang sebenarnya, secara sederhana Resep Roti Maryam sebenarnya hanya terdiri dari telur, tepung terigu, mentega, minyak goreng dan air. kadang juga ditambah susu bubuk full cream.

Roti Maryam mempunyai bentuk yang sama dan memiliki banyak nama. Di India roti ini biasa disebut dengan Roti Canai, sementara di negara Malaysia,setelah itu di negara Myanmar disebut dengan nama Roti Palata dan Singapura roti ini mendapat sebutan Roti Prata.

Satu yang khas dari roti ini adalah bentuknya yang bulat dan berlapis-lapis, kalian bisa memakannya sedikit demi sedikit sesuai dengan lapisan-lapisan yang terdapat pada roti tersebut.

Memiliki rasa yang datar tapi gurih membuat roti ini menjadi santapan yang pas untuk mengisi perut di tengah padatnya kegiatan harian kalian. Seiring berkembangnya zaman roti ini semakin banyak menyajikan beberapa varian dengan berbagai macam topping yang tentu saja akan lebih menggugah selera.

Tak hanya itu varian keju coklat saja yang mempunyai banyak penggemarnya. Bisa juga dimodifikasi dengan topping salad buah, dan ada juga topping yang menjadi favorit adalah dengan topping madu.

Membayangkannya saja sudah menggugah selera yang membuat kalian membayang-bayangkan bagaimana rasanya kan? Roti ini sangat mudah sekali ditemui di jalan-jalan, stasiun atau pun di Mall juga sudah banyak menjualnya. Jadi, jangan khawatir kalau kalian akan kesusahan mencarinya.

Harga yang sangat terjangkau, mudah ditemukan di berbagai tempat, dan tentunya dengan cita rasa dari berbagai varian topping maupun original membuat roti tersebut tidak pernah kehilangan penggemar. Namun jika kalian merasa eneg karena kebanyakan makan roti tersebut kalian juga bisa membuat Mayones Lezat.

Usaha yang Menjajikan

Usaha roti maryam di Indonesia memang tergolong salah satu usaha dengan potensi yang cukup bagus. Makanan ini bagi masyarakat memang sudah sangat akrab dan kental, sehingga pangaan ini selalu tak pernah absen untuk menemani dalam menjalankan aktivitas harian masyarakat kita.

Membuka usaha Roti Maryam merupakan pilihan yang tepat dan menjanjikan. Rasa rotinya yang sangat popular di tengah masyarakat tentu apabila kalian terjun dalam usaha ini mampu mendatangkan profit yang cukup menggiurkan.

Bagi kalian yang suka membuat roti dan ingin mendapat penghasilan dari keahlian tersebut, memulai bisnis toko roti rumahan merupakan peluang usaha yang menjanjikan.

Tanpa perlu modal besar, kalian bisa memulai usaha kalian dari dapur rumah. Di zaman yang apapun serba internet seperti sekarang, kalian juga tidak harus menyewa toko untuk memajang dagangan. Dengan menjualnya secara online, biaya yang dikeluarkan bisa di minimalisir.

Tidak harus dijalankan dengan modal besar, bisnis kue ini bisa mulai dijalankan dengan modal kecil sebagai usaha rumahan, baik sebagai usaha sampingan maupun usaha utama. Jika bisnis ini ditekuni dengan baik dan benar maka kalian mampu mengembangkan bisnis ini, usaha sampingan ini bahkan bisa menjadi usaha utama kalian.

Usaha kuliner termasuk bisnis roti ini, adalah sebuah bisnis dengan prospek yang cerah dan tetap bertahan sepanjang masa. Hal ini disebabkan berbagai ide usaha kuliner terus bergulir dan dapat dikembangkan dengan baik oleh para pemula maupun yang telah berpengalaman di dunia bisnis kuliner.

Menjalankan Bisnis Roti

Setelah membahas tentang riwayat dan peluang berbisnis Roti Maryam, kita akan memberikan beberapa tips jitu untuk memulai bisnis ini. Karna bukan hanya karna Roti buatan kalian itu enak saja yang membuat bisnis kalian itu sukses. Masih ada beberapa langkah dalam menjalani bisnis tersebut.

Rencanakan Dengan Matang

Setiap bisnis selalu membutuhkan perencanaan matang,  perencanaan yang matang dapat mengantisipasi segala rintangan saat kalian menjalankan bisnis roti ini. Kalian harus benar-benar memahami dan menguasai dunia bisnis roti ini. Selain itu, miliki minat dan passion yang tinggi sehingga jika terjadi hambatan saat menjalankan usaha,  kalian tidak merasa bosan dan tetap bertahan dalam bisnis ini.

Tetapkan Harga yang Kompetitif

Menentukan harga jual tidak bisa dilakukan sembarangan, karena jika terlampau murah tidak sesuai dengan modal yang kalian keluarkan, bisa-bisa kalian malah merugi. Sedangkan bila terlampau mahal, produk kalian tidak akan diterima oleh masyarakat. Jadi, usahakan untuk menentukan harga yang kompetitif yang masih menguntungkan kalian tetapi juga ringan bagi pembeli.

Untuk menetapkan harga bisa kalian lakukan dengan menghitung bahan-bahan yang digunakan, perlengkapan dan peralatan yang terpakai, serta ongkos dan biaya lain-lain saat proses produksi. Oleh karenanya, lebih baik kalian mencatat segala pengeluaran secara rinci di awal saat memulai bisnis roti ini. Dengan demikian, akan lebih memudahkan kalian untuk menetapkan harga jual nantinya.

Namun, sebagai pemula kalian  tidak disarankan mematok harga yang tinggi.  kalian sebaiknya menunggu bisnis roti kalian berjalan lancar dan banyak pelanggan terlebih dahulu, baru bisa menaikkan harga jual secara bertahap.

Memahami Harga Pasar

Mencari informasi di pasar yang sudah dimasuki oleh pesaing sebelumnya. Informasinya sejenis roti, kualitas makanan, serta harga makanan. Dengan demikian kalian tidak salah memasok roti yang tidak diterima oleh pasar karena bisa berakibat  bisnis roti kalian akan merugi.

Cara Pemasaran dan Promosi Produk lewat Internet

Kesuksesan dan kegagalan suatu bisnis termasuk bisnis kue rumahan,  tergantung pada cara kalian melakukan promosi dan pemasaran. kalian dapat melakukan promosi dengan memberikan penawaran harga terbaik agar pembeli tertarik. Promosi ini tidak hanya dilakukan secara offline, melainkan akan lebih cepat bila dilakukan secara online melalui media sosial di internet.

Lakukan terobosan baru dalam pemasaran kalian seperti penawaran diskon secara berkala, buy one get one, mengikuti pameran, meningkatkan rasa dan varian serta tampilan roti, memberikan produk tester untuk dicicipi.

Promosi ini juga harus dilakukan dengan gencar, karena kesuksesan kalian dalam bisnis kue ini tergantung pada kesuksesan promosi yang kalian lakukan. Usahakan untuk membuat promosi yang menarik dimulai dari pintu ke pintu.

Dengan memperkenalkan langsung kepada teman dan kolega, serta masyarakat sekitar, kalian bisa membuat brosur produk kue disertai ulasan mereka tentang produk kalian. Setelah itu, bisnis roti ini dapat kalian pasarkan secara online melalui media sosial yang tepat seperti Facebook atau Instagram. Jangan lupa, tampilkan produk roti kalian secara menarik dan kreatif dari segi foto produk dan desainnya.

Sebuah kuliner yang bisa digeluti dan diminati berbagai kalangan, karena selalu berkembang mengikuti kemajuan teknologi dan pastinya yang layak kalian jalankan.

Jika kalian telah berniat, segera memulai bisnis roti ini dari sekarang. Biasanya yang suka menunda-nunda pekerjaan biasanya memiliki banyak alasan. Bisnis yang baik adalah bisnis yang dijalankan, bukan bisnis yang dipikirkan. Jalankan bisnis roti ini dengan tekun, karena tidak ada hasil yang mengkhianati usaha seseorang.

Cara Membuat Roti Maryam Coklat Keju

Cara Membuat Roti Maryam

Bahan :

  • 300 gram tepung terigu.
  • 2 butir telur.
  • 6 sdm gula pasir.
  • 6 sdm margarin.
  • 3 sdm minyak goreng.
  • 2 sdm susu bubuk coklat.
  • Garam secukupnya.
  • Air hangat secukupnya.
  • Mesis coklat
  • Keju parut

Langkah Membuat Roti Maryam Coklat Keju :

  1. Masukkan tepung terigu ke dalam sebuah wadah, setelah itu masukkan telur, lalu diaduk hingga merata. Beri minyak goreng dan margarin. Aduk kembali hingga merata. Sembari diaduk, taburi gula dan garam, serta masukkan susu bubuk ke dalamnya. Aduk rata adonan hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.
  2. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit ke adonan untuk melunakkan adonan apabila adonan dirasa masih keras.
  3. Apabila adonan sudah kalis, diamkan sejenak selama kurang lebih 45-60 menit. Tutup adonan menggunakan lap basah.
  4. Bagi adonannya menjadi beberapa bagian, lalu pipihkan setiap bagian adonan roti. Oleskan margarin ke atas adonan hingga rata.
  5. Jika telah rata dengan margarin, lalu gulung kecil adonan dari ujung hingga ke ujungnya sampai adonan berbentuk seperti tali yang memanjang.
  6. Kemudian gulung adonan dari kedua ujungnya hingga membentuk konde. Setelah itu tumpuk adonan menjadi satu dan pipihkan kembali menggunakan pan di atas teflon.
  7. Masak adonan roti maryam sampai berubah warna menjadi kecokelatan.
  8. Apabila telah berubah warna menjadi kecokelatan, angkat roti maryam dan siap dihidangkan.

 

Cara Membuat Roti Maryam Original

Cara Membuat Roti Maryam

Bahan :

  • 500 gram tepung terigu protein sedang.
  • 2 butir telur, kocok lepas.
  • 100 gram margarin cair.
  • 200 ml susu cair hangat.
  • 6 sdm minyak goreng, untuk merendam.
  • Garam sedikit.
  • Margarin untuk olesan.

Langkah Membuat Roti Maryam Original :

  1. Campur bahan susu hangat, margarin cair, dan telur yang sudah dikocok, aduk rata. Tuangkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan uleni hingga kalis.
  2. Ambil adonan 30 gram bulatkan dan tata di dalam wadah yang sudah di olesi minyak goreng. Diamkan kira-kira 1 jam lalu tutup dengan kain basah.
  3. Pipihkan adonan hingga tipis dan gulung memanjang. Gulung roti menjadi bentuk seperti huruf S dan tumpuk jadi satu dan pipihkan.
  4. Masak di atas teflon sambil diolesi margarin. Balik roti dan masak sampai sisi satunya matang. Angkat dan siap disajikan.

 

Cara Membuat Roti Maryam Tabur Gula Halus

Cara Membuat Roti Maryam

Bahan :

  • 250 gr tepung terigu.
  • 1 butir kuning telur.
  • 120 ml susu cair.
  • Gula 1 sdt .
  • 1/2 sdt garam.
  • 3 sdm margarin cair.
  • secukupnya Minyak sayur.

 

Langkah Membuat Roti Maryam Tabur Gula Halus :

  1. Campur terigu, gula, garam ke dalam mangkok kemudian aduk hingga rata.Lalu masukkan kuning telur dan di aduk lagi kemudian masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil di uleni.
  2. Terakhir masukkan margarin ke dalam adonan tadi sambil terus di uleni hingga kalis (tidak lengket ditangan).
  3. Jika sudah kalis potong adonan menjadi beberapa bagian lalu bulatkan dan celupkan kedalam minyak Sayur lalu diamkan selama kurang lebih 2 jam.
  4. Setelah 2 jam ambil adonan kemudian pipihkan.. Lalu panggang di teflon hingga matang.
  5. Setelah matang angkat lalu beri topping bisa madu, susu, gula halus.

 

Cara Membuat Roti Maryam Vanilla Latte

Bahan :

  • 250 gr terigu protein tinggi.
  • 1 kuning telur.
  • 2 sdm gula halus.
  • 1/4 sdt garam.
  • 2 sdm susu bubuk.
  • 1 sdm margarin.
  • Minyak goreng 1 sdm.
  • 1 sachet goodday vanila latte larutkan dengan 120 ml air hangat.

 

Langkah Membuat Roti Maryam Vanilla Latte :

  1. Campur semua bahan, uleni hingga kalis.
  2. Bagi adonan sama rata, lalu bulatkan.
  3. endam dalam minyak goreng 1-2 jam.
  4. Ambil adonan, pipihkan hingga tipis lalu olesi margarin lalu linting atau gulung memanjang.
  5. Gulung masing-masing ujungnya hingga membentuk huruf S kemudian tumpuk hingga menyerupai konde. Diamkan 10-15 menit.
  6. Tipiskan adonan, lakukan hingga semua adonan habis.
  7. Panaskan teflon, olesi margarin lalu panggang dengan api kecil hingga matang kecoklatan di kedua sisi (bolak-balik ya).
  8. Sajikan dengan topping sesuai selera, saya cuma ditabur gula pasir.

 

Cara Membuat Roti Maryam Berlapis

Bahan :

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi (Segitiga Biru).
  • 1 butir kuning telur.
  • 3 sdm mentega cair.
  • 1 sdt gula pasir.
  • Garam 1/2 sdt.
  • 120 ml / stengah gelas susu UHT cair.

Olesan :

  • 2 sdm mentega cair.
  • 1 sdm minyak goreng.

Langkah Membuat Roti Maryam Berlapis :

  1. Campur adonan tepung, garam, gula, kuning telur, mentega cair, dan tuang sedikit” susu uht cair. Uleni hingga kalis dan tidak lengket.
  2. Pelintir” dan bagi adonan, sesuai selera (tetapi harus sama ukurannya ya).
  3. Balur adonan tsb dgn minyak goreng. Kemudian diamkan 1-2 jam di suhu ruang biasa aja.
  4. Setelah didiamkan 1-2 jam.. ambil adonan, kemudian pipihkan dgn tangan atau rolling pin sepipih dan setipis mungkin.
  5. Oleskan dgn mentega cair ke semua bagian atas adonan hingga rata.
  6. Iris” agar nantinya canai berbentuk jaring tipis”.
  7. Gulung adonan, dan dipelintir.
  8. Kemudian bentuk melingkar dan pipihkan dengan tangan (gausah pke rolling pin) janagn smpe ketipisan.
  9. Panggang adonan hingga matang.
  10. Pindahkan ke wadah saji.. Roti Canai/ Roti Maryam bisa diberi topping sesuai selera.

 

Cara Membuat Roti Maryam Pandan

 

Bahan :

  • 250 gr Terigu protein tinggi.
  • 1/2 sdt Garam.
  • 1 sdt Gula pasir.
  • 5 sdt Susu fullcream bubuk.
  • 120 ml Air.
  • 2 tetes Pasta pandan.
  • 3 sdm Margarin leleh.
  • 6 sdm Margarin tidak dilelehkan (untuk mengolesi adonan sebelum diiris dan diisi coklat meises dan untuk mengolesi teflon saat memanggang).
  • 1 butir Kuning telur.
  • 100 ml Minyak goreng.

Langkah Membuat Roti Maryam Pandan :

  1. Campurkan terigu, gula, dan garam, sisihkan.
  2. Larutkan susu full cream bubuk kedalam 120 ml air, sisihkan.
  3. Masukkan kuning telur dan margarin cair sebanyak 3 sdm kedalam campuran telur, gula, dan garam tadi. Uleni
  4. Sambil menguleni, masukkan larutan susu full cream sedikit demi sedikit sambil terus diuleni.
  5. Teteskan pasta pandan, sambil terus menguleni.
  6. Uleni terus sampai semua bahan tercampur rata, dan adonan kalis.
  7. Jika sudah kalis, bagi adonan menjadi 6.
  8. Tutup adonan dengan kain bersih, tunggu hingga 1-2 jam.
  9. Setelah 1 – 2 jam, ambil adonan lalu gilas 1 persatu dengan rolling pin atau gelas.
  10. Untuk roti maryam pandan berserat, setelah adonan digilas hingga tipis, olesi permukaannya dengan margarin sampai merata.
  11. Irisi adonan tadi dengan pisau.
  12. Gulingkan/pelintir adonan.
  13. Bentuk melingkar, lalu pipihkan adonan dengan menekan menggunakan tangan, sisihkan.
  14. Untuk roti maryam pandan isi coklat, tidak perlu diiris – iris dengan pisau tetapi setelah diolesi margarin langsung ditaburi coklat meises. Jika ingin bisa sekalian ditaburi parutan keju agar ada sensasi gurih.
  15. Gulingkan adonan seperti mengguling adonan roti maryam pandan berserat tadi.
  16. Gulung melingkar, lalu tekan – tekan juga dengan tangan.
  17. ika sudah dibentuk semua, panaskan teflon yang diberi sedikit margarin (tiap adonan 1/2 sdt margarin).
  18. Panggang diatas teflon tersebut satu persatu adonan, sampai ke – 6 adonan selesai dipanggang.
  19. Jika ingin langsung disantap bisa dipanggang sampai garing kecoklatan sesuai keinginan, tapi jika ingin di frozen jangan panggang terlalu coklat.
  20. Jika semua adonan sudah dipanggang, sajikan.

 

× Whatsapp Kami!