(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Ini Dia, Resep Kue Tart Ultah Sederhana Yang Paling Istimewa – Kue ulang tart/kue ulang tahun adalah sebuah kue yang mana biasa disiapkan kepada seseorang pada hari ulang tahunnya.

Kue ulang tahun biasanya dihias dengan nama seseorang dan diiringi pesan selamat. Lilin sama dengan jumlah tahun seseorang sudah hidup juga ditempatkan pada kue.

Ada juga kebiasaan untuk menaruh satu lilin tambahan untuk membawa keberuntungan. Kue ulang tahun biasanya spons dan rasa yang paling mencolok di kue adalah cokelat.

Resep Kue Tart

 

Sejarah Kue Tart

Dimulai sejak jaman Romawi kuno, saat kue dibikin dengan bentuk bulat dari bahan-bahan tepung, kacang, ragi, dan diberi pemanis dari madu. Kue ini disiapkan pada momen khusus, seperti ulang tahun contohnya. Pada masa awal Eropa, kata kue dan roti secara fisik bisa  diubah-ubah, yang membedakan hanya kue itu manis sementara roti tidak.

Pada abad 17, bentuk kue hampir sama dengan bentuk sekarang lengkap dengan bagiannya seperti pernak perniknya. Tapi pada zaman itu kue ulang tahun tersedia hanya untuk orang kaya saja. Kue ulang tahun mulai menjadi populer karena adanya revolusi industri, saat semua bahan dan peralatan mudah didapat.

 

Resep Kue Tart

Ingin membuat kue tart untuk ulltah atau kejutan lain-lainya.Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat kue tart simple sederhana dan hemat budget disini saya akan membahas Resep Kue Tart sederhana.

 

Bahan-bahan Dalam Resep Kue Tart :

  1. 8 Butir Telur (Buang 4 putihnya)
  2. 150 gr gula pasir
  3. 1/2 sdtovalet/tbm
  4. 150 grtepung terigu
  5. 50 grsusu bubuk
  6. 1/2 sdtbaking powder
  7. 150 grmargarin cair
  8. Butter cream secukupny (aq beli jadi 1/2kg yg bagus)

 

Langkah Dan Cara Dalam Resep Kue Tart :

  1. Kocok telur, gula dan ovalet sp mengembang -+ 20mnt
  2. Masukan terigu, vanili, susu bubuk & baking powder yg diayak dl sebelumnya, aduk rata dg spatula
  3. Tambahkan margarin cair, aduk rata
    Tuang ke loyang bulat diameter 24cm lalu oven hingga matang
  4. Setelah matang dinginkan lalu hias dg butter cream

 

Kegunaan Bahan Kue Dalam Resep Kue Tart

1. Ragi Instan/Yeast/Biang Donat

Ragi instan donat adalah bermacam nama dengan isian yang sama. Di dalam ragi (yeast) berisikan mikroorganisme ber sel satu yang hidup dari bagian fungus atau khamir, spesies Saccharomyces cerevisiae.

Di dalam adonan roti, ragi berguna mengendapkan adonan sehingga adonan bisa mengembang dan terbentuk serat roti.

Dalam proses pengendapan, ragi mengubah gula dan karbohidrat di dalam adonan menjadi gas karbondioksida (CO2) dan alkohol. Terbentuknya zat ini yang membuat  adonan kembang dan berbau harum khas roti saat dipanggang.

 

2. Bread Improver

Dipasar dikenal dengan sebutan Baker Bonus. Bread improver adalah bahan tambah roti yang ditambahkan dengan tujuan supaya roti lebih empuk, teksturnya lembut, fermentasi berjalan dengan cepat dan roti mempunyai  serat yang halus.

Dalam bread improver terdapat juga penguat gluten (Ascorbic acid), pelunak gluten (Sodium metabisulfit), makanan ragi (amonium klorida), enzim (Alfa amylase), dan emulsifier (surfactant atau lecitchin).

Bentuk bread improver seperti serbuk warna cokelat muda. Bisa di beli di toko yang menjual aneka macam bahan kue. Pemakaianya sekitar 1 sendok teh untuk 500 g terigu. Di pasar banyak sekali merek dagang bread improver seperti Eka-300, dll.

3. SP

Kegunaan SP tidak jauh bebeda  dari ovalet maupun sp yaitu membikin adonan jadi homogen dan tidak mudah turun saat diaduk atau biasa di sebut cake emulsifier.

Biasa digunakan untuk cake, bolu atau yang lain yang menggunakan teknik pengocokan telur hingga mengembang kaku. Kandungan kimia SP adalah Ryoto ester (gula ester). yang mana esternya merupakan asam lemak seperti asam stearat, palmitic, dan oleic. Bahan SP kadang merupakan hasil produk hewani hingga kehalalannya masih sedikit diragukan.

 

4. Cream of Tar-Tar

Bahan ini biasa ditambah saat pengocokan putih telur dalam proses pemembuatan cake, kue bolu yang memerlukan pengocokan putih telur hingga mengembang kaku.

Komposisi cream of tar tar adalah garam potasium berasal dari asam tartaric, yang bentuknya kristal atau powder sehingga mempunyai sebutan kimia potassium tartaric acid dan potassium bitartrate. Kegunaan bahan ini yaitu mengeluarkan gas dalam adonan hingga akan menghasilkan volume kocokan telur yang terbaik, manfaatnya tentu akan dihasilkan tekstur pori-pori cake yang baik pula.

Bahan ini dibikin dari proses pembuatan minuman beralkohol yang dipadu dengan potassium. Berbentuk bubuk mengkilat warna putih. Gunakan ½ sendok teh untuk mengocok 5 buah putih telur.

 

5. VX

VX paling sering ditambah dalam pembuatan cake. bertujuan agar cake lebih ngembang. Kandungan kimia dalam VX yaitu  sodium bicarbonat, sodium acid picorofosfat, dan bahan pengisi seperti sari pati jagung.

Bentuk VX yaitu serbuk putih. Bahan ini memiliki kategori aman kehalalannya. Pengunaanya sekitar 1/2 sendok teh untuk 500 g terigu. Campurkan dan aduk dengan tepung. Baking soda dan baking powder juga bisa menggantikan VX.

 

6. Baking Soda

Sering dipanggil soda kue. Bahan ini akan mengeluarkan gas kabon seketika dipanaskan maupun bertemu dengan cairan ataupun asam.

Karena bahan ini dapat dipakai sebagai pengembang karena mengeluarkan gas ketika adonan di goreng, kukus maupun dipanggang. Baking soda dapat ditambah untuk membikin kue kering. Di dalam kue baking soda akan memperbaiki bentuk kue menjadi lebih berpori dan jika ditambahk di adonan kue kering, baking soda juga akan membuat kue kering berbentuk garing, kering dan renyah.

Berbentuk bubuk warna putih. Gunakan ½ sendok teh untuk 500 g terigu.

7. Baking Powder

Baking powder  biasanya digunakan sebagai pengembang (leavening agent) cake, bolu panggang, bolu kukus, cup cake dan pancake. Komposisi kimia dari baking powder adalah  campuran sodium bicarbonat, sodium alumunium fosfat, dan monocalcium fosfat.

Baking powder juga berisi inert seperti pati. Bahan berisi fat inert ini sengaja dicampur untuk menjaga agar komponen bahan baking powder tetap dalam keadaan baik. Dari sisi kehalalan komposisi baking powder tergolong aman. Seperti halnya baking soda, cara kerja baking powder adalah akan mengeluarkan gas karbondioksida saat bertemu dengan cairan dan terkena panas. Karenanya baking powder dapat mengembangkan cake atau kue.

Di pasaran dijual single acting baking powder dan double acting baking powder. Double acting baking powder memiliki efek mengembangkan lebih kuat dibandingkan dengan single acting baking powder. Efek pengembangan double acting baking powder ini bekerja saat adonan dibuat dan saat dipanggang. dikukus atau digoreng. Gunakan jenis baking powder ini jika anda membuat kue dalam jumlah banyak agar kue yang terahir dipanggang tetap dapat mengembang dengan sempurna.  Bentuknya bubuk berwarna putih. Merek dagang untuk baking powder double acting adalah Suparize, Hercules dan U-88. Gunakan1/2 sendok teh untuk 500 g tepung terigu. Dipasaran baking powder single acting dikenal dengan merek dagang Royal, Hain, Davis, hercules,  U-88, Suparize, Pesawat Angkasa, dan Koepoe-Koepoe.

 

8. Ovalet

Ovalet sebenarnya bukan bahan pengembang melainkan cake emulsifier atau pelembut dan pensetabil adonan agar adonan cake homogen dan tidak mudah turun saat dikocok serta adonan tercampur dengan baik.

Komposisi kimia  ovalet biasanya adalah mono  dan digliserida. Bahan ovalet juga biasanya menggunakan asam lemak dari hewan atau tumbuhan. Kehalalannya masih dipertanyakan. Ovalet, TBM dan SP bisa saling menggantikan. Biasanyanya digunakan sebagai bahan pengemulsi pada adonan cake dan bolu.

Bentuknya pasta berwarna kuning. Gunakan 1 sendok teh untuk 5 butir telur. Merek dagang di pasaran dijual dengan merek dagang Ovalet cap Koepoe-Koepoe dan Vivid SP cake emulsifier.

 

9. Aneka Pasta Pemberi Aroma

Di pasaran dijual aneka pasta, seperti pasta pandan, pasta vanili, pasta stroberi, pasta moka, pasta cokelat dan lain sebagainya.

Aneka pasta ini ditambahkan pada produk cake, kue atau minuman dengan tujuan meningkatkan cita rasa dan aroma lebih kuat. Seperti cake cokelat. Meskipun sudah menggunakan cokelat blok atau cokelat bubuk, dengan ditambahkan pasta cokelat maka warna akan lebih cokelat dan aroma cokelat lebih kuat.

Penggunaan cukup ½ sdt setiap 1 liter bahan cair atau 1 kg penggunaan tepung.

 

10. Aneka Essence/esens

Esens merupakan ekstraksi dari aroma bahan makanan seperti vanili, cokelat, kopi, jeruk, stroberi dan lainnya. Esens dimanfaatkan untuk menambah atau memperkuat aroma pada  bahan cake, roti, kue, puding  ataupun minuman. Bentuknya cair. Penggunaanya cukup 1 sendok teh tiap 1 liter cairan atau 1 kg penggunaan bahan tepung.

 

11. Rum

Rum biasanya digunakan sebagai bahan pemberi aroma cake, puding, minuman atau saus pada hidangan penutup atau dessert.

Bentuk rum adalah cairan berwarna agak kecokelatan. Rum seringkali mengandung alkohol, namun jumlah alkohol rendah dan biasanya akan menguap ketika dipanaskan.

Agar lebih aman, gunakan rum esens yang tidak mengandung alkohol. Di pasaran, rum dijual dengan merek dagang World Famous atau Rum Jamaica. Penggunaanya 1 sdt untuk setiap bahan cair atau 1 kg tepung.

 

12. Cokelat Bubuk

Perbandingan rasa & warna coklat bubuk yg [NCC] :

– Tulip Bordeaux dan Schoko: untuk warna lebih pekat dari bensdrop, rasa coklat kurang dibanding bensdrop

– Bensdorp : warna kurang hitam dari bordeux, tapi rasa coklat lebih enak dari bordeaux, tidak pahit

– tulip burgundy : warna cenderung merah, rasa coklat hampir sama dgn bordeaux

– Van Houten : Rasa coklat nendang (tp agak pahit), wangi tapi warna kurang pekat dibanding bensdorp

Begitulah langkah-langkah atau tips resep kue tart  dari saya semoga bermanfaat. Untuk kamu yang suka Aneka Resep dan Cara Membuat Roti Bakar Unik dan Sederhana ada disini juga.